Seminar Entrepreneur

“Menurut Thomas W. Zimmerer (2008), entrepreneurship (kewirausahaan) adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari”.

Saat ini, Indonesia telah masuk dalam industri pasar global 4.0. Pasar global 4.0 merupakan pemasaran yang mengkombinasikan interaksi online dan offline yang terjadi antara konsumen dan penjual. Semakin berkembangnya dunia online maka harus semakin pintar juga kita untuk mencari peluang bisnis.

Seminar Entrepreneur merupakan salah satu program kerja dari Bidang Badan Usaha Himpunan Mahasiswa Statistika Universitas Islam Bandung yang memiliki tujuan untuk memperkenalkan dan memberi pengetahuan mengenai kewirausahaan kepada masyarakat umum. Seminar Entrepreneur ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Pada tahun ini, Seminar Entrepreneur mengusung tema yaitu “Get Ready To Be an Indonesian Great Creative Millennial Entrepreneur in The Global Market 4.0”. Selaras dengan tujuannya, tema ini diambil karena perkembangan bisnis di masa kini sangat cepat, terutama dengan berkembangnya dunia online sehingga muncul frasa baru yaitu “Global Market 4.0”.

Dengan diusungnya tema ini pada Seminar Entrepreneur tahun 2023, kami selaku panitia berharap dapat membantu masyarakat umum dalam menemukan bagaimana cara menjadi wirausahawan yang kreatif dan bagaimana cara masuk dan bersaing di pasar global 4.0 yang akan terus berkembang.

Alhamdulillah, Seminar Entrepreneur 2023 telah dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Maret 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 172 orang. Seminar Entrepreneur tahun 2023 ini mendatangkan dua pemateri luar biasa yaitu Pak Fajar Nugraha selaku CEO dan Co-Founder dari brand lokal ternama yaitu Adorable Projects. Beliau menyampaikan pengalamannya memulai bisnis, dari mulai mencari ide sampai mem-branding brandnya agar dikenal identitasnya oleh masyarakat luas.

Selain itu, Seminar Entrepreneur 2023 juga menghadirkan Pak Yudha Dwi Nugraha selaku dosen program studi Manajemen Universitas Islam Bandung. Dengan pengalaman beliau sebagai pengajar dan ilmu-ilmu yang didapatkan beliau di Universitas-universitas ternama di Indonesia, beliau menyampaikan apa itu Global Market 4.0 dan bagaimana cara kita menghadapinya. Selain penerapan di dunia nyata, para peserta juga mendapatkan ilmu serta sejarah mengenai Global Market 4.0 di Seminar Entrepreneur 2023 ini.

Selain pemaparan materi, kegiatan Seminar Entrepreneur 2023 didukung dengan penampilan Statistics Voice dan ice breaking dengan games yang mengundang antusias para partisipan, hal tersebut dapat memberikan kesan yang baik untuk kegiatan ini.

Seminar Entrepreneur 2023 diakhiri dengan pembagian hadiah terhadap dua penanya terbaik. Antusiasme peserta terhadap materi maupun pemateri di Seminar Entrepreneur 2023 ini sangat luar biasa. Semoga Seminar Entrepreneur 2023 dapat dilaksanakan lagi di tahun-tahun berikutnya. See U on SENTER Next Year!

Seminar Entrepreneur 2023

Thanks To :

Mr. Fajar Nugraha

Mr. Yudha Dwi Nugraha

Mr. Mufdhil Afta Zh, selaku MC pada kegiatan ini

Ms. Rahmania Marwah D,  selaku MC pada kegiatan ini

Ms. Salwa Salsabila, selaku Moderator pada kegiatan ini

Ms. Bilqis Nur Rizkia, selaku Moderator pada kegiatan ini

Berikut dokumentasi kegiatan senter :