Bakti Desa

Bakti Desa merupakan program kerja gabungan antara Bidang Rohani Islam Himasta, Bidang Sosial Politik BEM FMIPA, Bidang Sosial dan Pengabdian pada Masyarakat Himatika, serta Bidang Hubungan Masyarakat Himafar. Program ini bertujuan untuk Meningkatkan rasa kemanusiaan dan kepedulian melalui silaturahmi dan solidaritas Mahasiswa FMIPA Unisba kepada masyarakat desa yang membutuhkan dengan kegiatan nyata yang berdampak positif langsung, meningkatkan keimanan dengan menunjukkan kepedulian pada sesama umat muslim dalam bentuk fisik dan ilmu, serta menumbuhkan sikap bersyukur atas nikmat sekecil apapun pada Mahasiswa FMIPA Unisba dan masyarakat yang membutuhkan.

Program ini dilaksanakan pada 9 Juni 2024 di Desa Mekarmanik RW.02, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jawa Barat, dengan tema “Satukan Aksi Membangun Sinergi Demi Mewujudkan Kemakmuran Desa yang Harmoni”. Bakti Desa meliputi berbagai kegiatan yang dirancang untuk memberikan manfaat nyata kepada masyarakat desa, antara lain pemeriksaan kesehatan warga, sosialisasi tentang DBD (Demam Berdarah Dengue), pembinaan penggunaan Microsoft Excel, lomba bahasa Inggris, lomba mengaji, lomba mewarnai, serta pembagian sembako kepada warga yang membutuhkan. Selain itu, program ini juga menghadirkan permainan seru seperti cukurukuk untuk anak-anak, joget balon dan joget kursi untuk ibu-ibu.

Pada periode ini, Alhamdulillah Program Kerja Bakti Desa berhasil memberikan 60 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan dan melibatkan 56 Mahasiswa Aktif FMIPA Unisba. Kegiatan ini mengajak seluruh pihak untuk berpartisipasi dengan menyumbangkan donasi, baik berupa uang, pakaian, buku, dan barang lainnya. Donasi yang kami kumpulkan selama kurang lebih satu bulan mencapai Rp3.695.000, yang disalurkan dalam bentuk sembako dan keperluan kegiatan bakti desa lainnya. Keberhasilan ini menunjukkan solidaritas dan kerja sama yang kuat antara mahasiswa dan masyarakat, serta betapa pentingnya kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.