Informasi

AKTIVASI MAHASISWA

Aktivasi mahasiswa dilakukan untuk memperbarui status mahasiswa pada kegiatan perkuliahan yang akan mendatang. Berikut langkah-langkah bagi mahasiswa untuk melakukan aktivasi:

  1. Buka laman sisfo Unisba dengan alamat sisfo.unisba.ac.id lalu mahasiswa dapat login menggunakan akun sisfo masing-masing.
  2. Pilih menu SIAKAD lalu klik Aktivasi. Pada menu aktivasi tersebut terdapat beberapa pilihan yang harus dipilih oleh mahasiswa:
    a. AK (Aktif), mahasiswa akan diberikan kewajiban membayar IKT selama 1 tahun.
    b. C1 (Cuti Ganjil), mahasiswa akan diberikan kewajiban membayar ICA (Infak Cuti Akademik) dan hanya membayar IKT semester genap.
    c. C0 (Cuti Genap), mahasiswa akan diberikan kewajiban membayar ICA (Infak Cuti Akademik) dan hanya membayar IKT semester ganjil.
    d. C2 (Cuti Satu Tahun), mahasiswa akan diberikan kewajiban membayar ICTA selama satu tahun.
  3. Setelah mahasiswa memilih pilihan aktivasi, lalu mahasiswa melakukan pembayaran IKT (Infak Kuliah Tetap) semester genap.
  4. Selanjutnya, mahasiswa dapat melakukan perwalian (pengambilan mata kuliah) secara online melalui SIAKAD.
  5. Mahasiswa yang tidak melakukan aktivasi sampai batas waktu yang ditentukan akan diasumsikan berstatus NA (Non AKtif) dengan kewajiban tertunggak IKT secara penuh.
  6. Mahasiswa yang telah melakukan aktivasi tetapi tidak melakukan pembayaran IKT sampai batas waktu yang ditetapkan maka akan diasumsikan berstatus CA (Cuti Akademik) dengan kewajiban ICA tertunggak pada semester yang dimaksud.

 

CARA PEMBAYARAN IKT (INFAK KULIAH TETAP)

  1. Melalui Bank Syariah Indonesia (BSI)
  2. Teller: dapat menggunakan kode biller 5973 dan kode bayar NPM a.n Nama_Mahasiswa
  3. ATM: pilih menu pembayaran akademik lalu masukkan kode institusi dan id 5973 + NPM
  4. Mobile Banking: pilih menu pembayaran akademik, lalu pilih nama akademik 5973 – Universitas Islam Bandung, dan terakhir masukkan kode bayar NPM.
  5. Melalui Bank Lain
  6. Teller: Bank tujuan BSI dengan nomor rekening 9005973 + NPM. Lalu, isi nama rekening tujuan dengan Nama Mahasiswa/Universitas Islam Bandung.
  7. ATM dan Mobile Banking:
  • Pilih layanan transfer antar bank
  • Nomor rekening tujuan yaitu 9005973 + NPM
  • Dengan tujuan Bank BSI a.n Nama_Mahasiswa

Metode pembayaran melalui bank lain tidak dapat menggunakan layanan BI Fast dan SKN. Pembayaran harus menggunakan metode pembayaran online.

PERWALIAN (Pengambilan Mata Kuliah)

  1. Mahasiswa dapat melakukan perwalian (pengambilan mata kuliah) melalui menu Perwalian di SIAKAD apabila sudah melakukan aktivasi dan pembayaran IKT. Mahasiswa harus bijak dalam memilih mata kuliah, dahulukan mata kuliah yang diulang, pertimbangkan IPK dan saran dari dosen wali.
  2. Jika sudah memilih mata kuliah lalu klik kirim ke dosen wali. Apabila mahasiswa tidak mengirimkannya maka akan dianggap mengambil 0 sks pada semester tersebut.
  3. Selanjutnya, mahasiswa menunggu approved dari dosen wali.
  4. Apabila pengajuan mata kuliah ditolak oleh dosen wali, mahasiswa dapat memperbaiki berkas perwalian sesuai saran dosen wali lalu kirimkan kembali.
  5. Jika terdapat hal yang perlu diperbaiki maka mahasiswa harus segera menghubungi dosen wali untuk melalukan reject agar berkas perwalian dapat kembali kepada mahasiswa.
  6. Akan terdapat notifikasi di SIAKAD apabila berkas perwalian telah disetujui oleh dosen wali. Selanjutnya mahasiswa dapat memilih kelas di SIAKAD.

 

PENGISIAN KUESIONER

Mahasiswa Universitas Islam Bandung wajib untuk mengisi kuesioner proses pembelajaran dan proses layanan yang terdapat di SISFO. Kuesioner ini bertujuan agar mahasiswa dapat memberikan pendapatnya tentang proses layanan dan pembelajaran di Lingkungan Unisba. Kuesioner ini juga digunakan sebagai upaya pengelolaan mutu Pendidikan di Unisba dan bahan pengambilan keputusan. Pengisian kuesioner ini dapat dilakukan dari 12 Desember 2022 hingga 20 Januari 2023. Berikut langkah-langkah dalam pengisian kuesioner :

  1. Buka laman laman Unisba dengan alamat sisfo.unisba.ac.id lalu mahasiswa dapat login menggunakan akun sisfo masing-masing.
  2. Pilih menu KUESIONER
  3. Kuesioner ini memiliki dua bagian yaitu:

Proses Pembelajaran

Pada bagian ini mahasiswa dapat memberikan pendapatnya mengenai proses pembelajaran yang telah ditempuh selama satu semester. Terdapat list nama dosen beserta mata kuliah.

  • Klik tanda sunting pada bagian kuesioner sebagai berikut
  • Akan terdapat beberapa bagian yaitu Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Kepastian (Assurance), dan Empati (Emphaty). Mahasiswa dapat memberikan pendapatnya sesuai dengan pernyataan dan pilihan yang disediakan.
  • Jika sudah selesai memberikan pendapat pada semua pernyataan di keempat bagian tersebut maka dapat klik “Simpan”
  • Lakukan langkah tersebut hingga seluruh mata kuliah sudah terisi.

Proses Layanan (Univ/Fakultas/Prodi)

  • Pada bagian ini terdapat 6 bagian yaitu Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Kepastian (Assurance),Empati (Emphaty), Tangible (Kecukupan, aksesibitas, kualitas sarana dan prasarana), serta kritik dan saran.
  • Mahasiswa dapat memberikan pendapatnya sesuai dengan pilihan dan pernyataan yang disediakan.
  • Klik “Simpan” apabila sudah selesai.