Mentoring merupakan diskusi islami antara mahasiswa maupun mahasiswi secara berkelompok, dengan memanfaatkan platform google meet ataupun zoom meeting.

Tujuan dari mentoring yakni, meningkatkan motivasi mahasiswa/mahasiswi untuk belajar serta menambah pengetahuan mengenai ajaran dan nilai islami, serta mahasiswa dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sasaran dari mentoring ini yaitu mahasiswa aktif statistika Unisba angkatan 2019, 2020, 2021, dan wajib untuk pengurus Himasta periode 2021-2022 yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Materi mentoring sangat berkaitan dengan tausiyah sosmed, agar dalam pendiskusian secara berkelompok memiliki wawasan pertanyaan yang luas. 

Mentoring yang dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2021 dengan mengambil topic “Manfaat Membaca Al-Qur’an”. Topik ini dapat dilihat di link YouTube penanggung jawab aktivitas kerja mentoring ini. Dalam diskusi kelompok ini terdapat beberapa mahasiswa yang me-review materi, bertanya yang berkaitan dengan topic, serta sharing pengalaman. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai ajang ukhuwah islamiyah antar mahasiswa/mahasiswi statistika. 

Setelah diskusi kelompok dilakukan, tibalah saatnya ujian mentoring. Ujian ini bermaksud untuk mengetahui seberapa paham mahasiswa ataupun mahasiswi pada materi yang telah diberikan lewat sosial media instagram, YouTube, serta google meet ataupun zoom meeting. Apabila terdapat salah satu mahasiswa maupun mahasiswi yang memiliki nilai akhir tinggi, maka mahasiswa atau mahasiswi tersebut mendapatkan reward berupa gift dari bidang rohani islam.